7 Tips Foto Produk

Untuk potret produk tidak sedikit yang mesti anda siapkan terlebih dahulu, kemudian memilih tema dan kiat terbaik yang sesuai untuk potret produk usaha online kamu. Berikut ada sejumlah tips buat anda yang ingin potret produk anda sendiri tanpa menerbitkan modal yang banyak!

Pemilihan Kamera

Kamera pastinya crucial dalam pembuatan potret produk. Punya kamera atau perlengkapan dalam photography memang menyenangkan. Tentu saja kamera baru dapat membuat pengambilan potret produk lebih gampang; dengan layar yang terang, kontrol yang gampang digunakan, dan pun memiliki tidak sedikit fitur beda yang dirancang guna memperhalus potret produk kita. Walau demikian, bila kamu mempunyai pendanaan yang terbatas, kamera bekas pun oke kok. Carilah sensor gambar yang baik, ISO tinggi dan autofocus yang cepat.

Resolusi tinggi dalam pembuatan potret produk memang adalahaspek yang penting. Tapi tidak boleh khawatir andai kamu mempunyai budget terbatas untuk melakukan pembelian atau mencarter kamera. Kamu juga dapat banget loh memanfaatkan kamera digital anda atau smartphone kamu.

Pencahayaan

Dalam potret produk, aspek terpenting ialah unsur pencahayaan. Cahaya alami atau matahari adalahpilihan yang tepat guna fotografi produk sebab sifat cahayanya yang lembut dan lebih tersebar.

Jika tidak terdapat sinar matahari langsung yang masuk ke dalam lokasi tinggal kamu, dapat juga anda memakai sumber pencahayan lain, laksana ring light atau lampu istirahat sebagai alat guna pencahayaan potret produk kamu. Jangan lupa pakai tripod guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Tripod ini dinamakan sebagai investasi jangka panjang nih yang dibutuhkan untuk online shop kamu supaya mendapatkan potret produk yang sempurna dan profesional.

Background
Pemilihan background potret produk adalahsalah satu urusan yang paling penting. Hal ini tidak saja berlaku pada potret yang bakal di­unggah di media sosial. Tetapi pun foto-foto yang bakal terpampang di media promosi lain laksana pamflet, banner, situs dan beda sebagainya.

Background yang polos akan menciptakan produk yang difoto tampak lebih elegan. Penggunaan background polos pun akan menciptakan konsumen konsentrasi pada produk. Pilihan ini sangat sesuai bila potret produk ditujukan guna katalog. Sedangkan background dengan aksen senada bisa menonjolkan nilai dari produk yang difoto.

ackground ini sendiri lumayan penting untuk potret katalog produk yang anda punya. Banyak sekali kini orang yang meluangkan background guna foto supaya foto produk anda tampak menawan.

Mencoba Tren
Di zaman laksana ini, sosial media bukanlah urusan asing untuk para pemakai internet. Salah satunya ialah TikTok, sebuah software yang digunakan untuk merekam, mengedit, dan mengunggah video. Di TikTok sendiri ada sejumlah hashtag dan pun topik populer tentang #ProductPhotography dimana tidak sedikit pengusaha ataupun photographer katalog produk menyalurkan tips, trik dan juga gagasan menarik yang dapat kamu coba kerjakan sendiri di lokasi tinggal loh!

Contoh sangat populernya ialah foto produk memakai kaca + wallpaper saja nih! Exabytes udah ikutan jajaki dan hasilnya laksana diatas! Hasilnya spektakuler keren banget dan patut untuk diusahakan buat anda pengusaha bisnis kecil kecilan maupun menengah nih! Langsung diperiksa saja di TikTok hashtag #ProductPhotography guna mendapatkan tidak sedikit ide kreatif lainnya.

Teknik Flat Lay

Teknik fotografi yang satu ini tidak kalah populer loh dan pastinya sifatnya timeless dan sangat sesuai digunakan untuk anda yang mempunyai produk kecil. Nama kiat ini ialah flat lay. Selain gampang dan cepat persiapannya, kiat ini unik sekali sebab mendorong kreativitas kita seluruh dalam membina identitas visual online shop. Salah satu aspek terpenting dalam mengerjakan fotografi produk memakai teknik flat lay ini ialah cara anda dalam merangkai produk supaya terlihat semakin unik di online shop dan aksesoris apa yang dapat kita pakai untuk memperindah potret produk gaya ini.

Tipsnya sangat gampang kok!

Pertama, pakai latar belakang dengan warna yang kontras dengan produk Anda guna membuatnya tampak lebih menonjol, namun lebih disarankan supaya memakai warna warna netral juga supaya produk tampak outstanding dan tidak menciptakan pembeli pusing.
Step kedua, pakai aksesori dan benda-benda pelengkap yang relevan dengan produk. Seperti gambar diatas andai temanya ialah skincare organic maka dedaunan dan cucuran air bakal sangat sesuai dan melengkapi potret produk tersebut.
Gunakan penyinaran yang cocok untuk potret produk kamu.
Terakhir, pastikan bahwa fotografi produk ini tetap menonjolkan produk utama. Jangan lupa guna meyakinkan juga supaya aksesoris dan benda-benda pelengkap tidak bertumpang tindih atau terlalu berpengaruh sehingga membuat potret terlihat penuh. Di samping itu, pembeli akan keadaan bingung sebenarnya produk apa yang dipasarkan dan ditawarkan.
Ambil potret dari sekian banyak sudut
Dalam mengambil potret katalog produk, satu sudut potret saja tidak bakal cukup. Oleh sebab itu, usahakanlah kamu guna ambil potret produk dari sekian banyak sudut pemungutan gambar guna mendapatkan dimensi yang sempurna.

Kamu bakalan menghasilkan tampilan karakter produk yang unik, berbeda, dan dapat membuat siapapun yang menyaksikan tertarik melihatnya. Jangan fobia untuk bereksperimen hingga mendapatkan angle yang sesuai dan cocok dengan produk anda ya!

Editing
Ini merupakan tahapan terakhir yang urgen sebelum meng-upload potret produk anda di sosial media atau situs online shop kamu. Walaupun urusan ini tidak wajib, namun ini sangatlah bermanfaat untuk anda yang hendak mendapatkan efek sentuhan yang sempurna. Pengeditan bakal membuat potret kamu yang tidak cukup terang atau tidak terlampau jelas dapat menjadi jelas. Ini akan menambah kualitas gambar kamu.

Memang benar, pengeditan bisa membuat potret kita menjadi bagus, tetapi tetap ingat bahwa anda haruslah jujur bakal produk yang diperlihatkan dengan yang anda jual supaya pembeli tidak merasa kecewa andai barang yang hingga ke tangan mereka tidak cocok dengan potret produk yang anda punya.

Itu tadi sekian banyak tips dan trik potret produk yang dapat kamu pakai untuk unik calon pembeli. Melalui potret yang unik ini, diharapkan tidak sedikit pembeli yang bakal tertarik dan menyimpulkan untuk melakukan pembelian produk kamu.

Oh ya, andai kamu hendak memahami lebih dalam lagi mengenai potret produk, kamu dapat ikutan dalam event SME DigitalFest yang akan dilakukan 18-19 Juli nanti lho. Salah satu sesinya akan membicarakan tentang potret produk nih. Menarik banget kan? Yuk booking tiket anda sekarang sebab acara ini bakalan berfungsi banget untukmu dan event ini free lho!

Semoga tips dan trik diatas bisa berfungsi untuk semuanya yang sedang mengawali usaha bisnis online maupun yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis online. Jangan fobia untuk mengupayakan yaa Exabytes friends!

Leave a Comment